10 CARA MENGATASI JERAWAT DENGAN ALAMI


10 CARA MENGATASI JERAWAT DENGAN ALAMI

Jerawat adalah musuh utama para wanita. Karena jika wajah berjerawat, akan menimbulkan rasa minder atau kurang percaya diri.  Jerawat itu adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Bahkan seorang peneliti masalah jerawat ternama didunia yang bernama Kligmann mengatakan, bahwa tidak ada satu orang pun didunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebbuah jerawat di kulitnya, baik itu kulit wajah maupun kulit tubuh bagian lainnya.
Sumber: Google Image

Jerawat timbul karena tersumbatnya pori-pori kulit, diamana perubahan hormonal merangsang kelenjar minyak di kulit, karena pori-pori tersumbat, sehingga minyak tidak dapat keluar dari kulit dan adanya bakteri sehingga mengakibatkan kantung nanah yang meradang.

ADA BANYAK PENYEBAP TIMBULNYA JERAWAT, SEPERTI:
Perubahan Hormonal
Perubahan hormonal androgen yang sangat umum menimbulkan jerawat, perubahan hormonal ini yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal biasa terjadi adalah pada masa haid atau menstruasi, pubertas, kehamilan, pemakaian pil KB dan Stres. Stres sebenarnya tidak langsung dapat menimbulkan jerawat, akan tetapi stres dapat membuat orang mempunyai pola makan berlebih dan mengkonsumsi makanan berlemak sehingga dapat merangsang hormonal androgen yang dapat mengakibatkan jerawat.

Sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dari kulit juga dapat mengakibatkan jerawat. Sel-sel kulit mati yang didak terangkat dari kulit bercampur dengan debu dan kotoran, dapat mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat, sehingga dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Karena ini lah sehinga jerawat sering timbul di kulit bagian tubuh lain selain wajah, karena sel kulit mati, bisa saja terdapat di bagian tubuh lain, seperti punggung dan dada.

Produksi minyak berlebihan

Jerawat tidak selamanya tibul karena lapisan kulit kotor, tapi juga timbul akibat produksi kelenjar minyak yang berlebih sehingga menyakibatkan penyumbatan saluran folikel dan pori-pori kulit.

Bakteri

Ini merupakan penyebab yang paling banyak yang menimbulkan jerawat, yaitu bakteri, bakteri yang biasanya terdapat di kulit adalah bakteri p. Acne. Dimana bakteri ini berkembang biak pada saluran kelenjar sebaceous yang menimbulkan iritasi. Kelenjar dapat membengkak dan pecah, kemudian mengakibatkan radang yang menyerbar ke bagian kulit sekitarnya, ini lah yang mengakibatkan jerawat yang sering disebut jerawat batu.

Kosmetik atau Make Up

Kosmetik juga dapat mengakibatkan jerawat. Jenis kosmetik yang sulit dibersihkan akan menempel pada kulit dan mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit, sehingga pada saat kulit berkeringat, minyak tidak keluar dan mengakibatkan jerawat. Oleh karena itu, hati-hatilah memilih kosmetik apalagi kosmetik yang mengandung minyak, contohnya bedak yang menyatu dengan foundation.

Obat-obatan

Obat-obatan juga dapat menimbulkan jerawat. Contohnya obat kortikosteroid, dimana dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, dan juga dapat menimbukan potensi meningkatnya aktivitas bakteri patogen. Juga ada obat yang dapat meningkatkan produksi hormon androgen yang dapat meningkatkan produksi minyak berlebiihan.

Ponsel

Peneyebab terakhir adalah kemajuan tehnologi, yaitu penggunaan ponsel. Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

CARA MENGATASI JERAWAT DENGAN ALAMI
Jerawat memang bukan penyakit yang berbahaya, akan tetapi jika berniat menghilangkan jerawat, jangan menggunakan bahan yang asal, karena dapat mengakubatkan iritasi kulit, bahan berbahaya yang sembarangan dapat mengakibatkan kanker kulit, dan ini merupakan penyakit berbahaya. Untuk menghilangkan atau mengatasi jerawat, gunakan lah bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita. Berikut bahan dan cara alami untuk mengatasi jerawat:

1. Masker Lidah Buaya (Aloe Verra)
Mengatasi dan menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan masker lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya.

Sumber: Google Image
Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang. Atau gunakan Nature Repulic Aloe Vera, karena Nature Repulic Aloe Vera sudah terbukti lulus uji BPOM dan terdiri lebih dari 90% bahan alami Aloe Vera asli. Sehingga anda tidak perlu susah payah lagi menanam dan merawat tanaman lidah buaya.

2. Masker Lemon Atau Jeruk Nipis
Mengatasi dan menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan masker Lemon atau dengan jeruk nipis. Lemon dan jeruk nipis sama-sama mengandung asam askorbat-L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Lemon juga dapat membuat wajah menjadi cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat.
Sumber: Google Image

Caranya mudah : Ambil 1 buah lemon atau jeruk nipis, porong menjadi dua bagian lalu peras. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya.

3. Masker Soda Kue
Jerawat juga dapat diatasi dengan masker soda kue. Soda kue memiliki manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat. Tidak hanya penyeimbang, soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel. 
Sumber: Google Image
Caranya mudah sekali, cukup ikuti langkah berikut ini:
Cukup campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga mengental.
Sebelum diaplikasikan pada wajah, Anda disarankan untuk mencuci wajah dahulu, agar wajah bersih.
Aplikasikan soda kue ke wajah secara merata.
Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.
Setelah pemakaian soda kue sebagai masker, kulit akan lebih kering, lalu pakailah pelembab yang biasa anda gunakan.

4. Alpukat dan Madu
Alpukat bukan hanya enak untuk dibuat jus, tetapi bisa untuk mengobati jerawat, hal ini karena alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat. 
Sumber: Google Image
Cara penggunaanya adalah:
Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu, aduk hingga merata. Oleskan ke kulit anda atau ke wajah anda. Kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

5. Masker Yogurt
Yogurt biasanya di konsumsi untuk diet, akan tetapi yogurt juga ternyata sangat ampuh untuk mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 
Sumber: Google Image
Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Masker Pisang dan Kunyit
Berikutnya, pisang juga dapat digunakan sebagai masker, untuk membantu menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Ditambahkan dengan kunyit yang memiliki kandungan kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.
Sumber: Google Image

Sumber: Google Image

Cara penggunaan nya juga cukup mudah, yaitu:
Haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sendok makan soda kue, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. 

7. Masker Tomat
Tomat ternyata bukan hanya sebagai makanan, ternyata tomat juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga baik dan ampuh untuk membasmi jerawat yang membandel. 
Sumber: Google Image
Cara penggunaannya juga sangat mudah: Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat. Cara kedua adalah dengan memblender 1 buah tomat lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

8. Masker Bawang Putih
Bawang putih juga ternyata bukan hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel. Hal ini dikarenakan bawang putih yang merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga. Bawang putih akan membunuh bakteri penyebab jerawat, hal ini dikarenakan bawang putih juga mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel.

Sumber: Google Image

Cara penggunaannya sangat sederhana dan mudah, yaitu: Cukup siapkan 1 siung bawang. Anda bisa mengaplikasikannya dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan membaginya menjadi dua lalu gosokkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Atau dengan menghaluskannya lalu diaplikasikan pada wajah yang bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

9. Masker Mentimun
Nah, yang satu ini mungkin sudah banyak yang melakukan, yaitu menghilangkan jerawat dengan masker mentimun. Mentimun dapat membantu menghilangkan jerawat karena mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C dan juga terdapat juga mineral lain yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah.
Sumber: Google Image
Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu: Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis mentium lalu letakkan pada wajah. Dan cara kedua adalah dengan menjus 1 buah mentimun lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

10. Masker Putih Telur
Ini juga mungkin sudah banyak yang melakukan, yaitu dengan masker putih telur. Putih telur sangat baik untuk kesehatan kulit, karena putih telur mengandung mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minya berlebih yang merupakan penyebab jerawat.
Sumber: Google Image
Cara penggunaannya adalah: Ambil sebutir telur lalu pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur hingga mengembang lalu campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Putih telur ini juga akan mengangkat komedo dan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat cerah dan mulus.

Itulah 10 cara alami yang dapat andalakukan untuk menghilangkan jerawat. Cara tersebut benar-benar alami, sehingga tanpa efek samping. Semoga bermanfaat. Selamat memiliki wajah bersih, lembut tanpa jerawat. Jangan lupa untuk membaginakan artikel ini kepada teman-teman anda.

HALAMAN SELANJUTNYA:


==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
close